Selasa, 14 Oktober 2014

Tugas Ilmu Budaya Dasar (1)

 

Nama  : Timotius Lorenzs

Kelas  : 1EA28

NPM  : 1A214774 

MatKul : Ilmu Budaya Dasar

 

ILMU BUDAYA DASAR

 

A. Pengertian Ilmu Budaya Dasar

    Ilmu Budaya Dasar (IBD) adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-sonsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan .
     Di Indonesia, istilah ilmu budaya dasar dikembangkan sebagai pengganti istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris "The Humanities".Dimana dengan mempelajari  humanities,seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi,lebih berbudaya dan lebih halus. Untuk mengetahui bahwa Ilmu Budaya Dasar (IBD) termasuk kelompok pengetahuan budaya,lebih dahulu perlu diketahui pengelompokan ilmu pengetahuan . Menurut Prof.Dr.Harsya Bachtiar mengemukakabahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan menjadi tiga kelompok besar yaitu : 

1.      Ilmu-ilmu Alamiah ( Natural Science) 
      Ilmu-ilmu Alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat di dalam alam. Ilmu-ilmu Alamiah menggunakan metode ilmiah dalam mengkaji hal-hal yang berhubungan dengan alam semesta . Caranya ialah dengan menentekan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas.Yang termasuk kelompok-kelompok ilmu-ilmu alamiah antara lain ialah astronomi,fisika,kimia,biologi,kedokteran,dan mekanika .

2.     Ilmu-Ilmu Sosial (Social Science) 
     Ilmu Sosial bertujuan mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia . Dimana ilmu sosial berhubungan dengan manusia dan linkungan masyarakat dimana manusia itu tinggal yang berhubungan dengan aspek ekonomi,sosial,dan politik . Untuk mengkaji hal itu digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Yang Termasuk kelompok ilmu sosial yang mempengaruhi ilmu  ekonomi,sosiologi,politik,demografi,psikologi,antropologi sosial ,sosial hukum,dll . 
3.     Pengetahuan Budaya (De Humanities) 
      Pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi.Untuk mengkaji hal itu digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan peryataan-peryataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti . Pengetahuanbudaya dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup keahlian (Disiplin) seni dan fisafat .  

B. Tujuan Ilmu Budaya Dasar

   Penyajian mata kuliah Ilmu Budaya Dasar tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan . Akan tetapi ilmu budaya dasar semata-mata sebagai salah satu usaha mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya .
      Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut Ilmu Budaya Dasar diharapkan dapat : 
  1. Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya,sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baik,terutama untuk kepentingan profesi mereka.
  2. Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut .
  3.  Mengusahakan agar mahasiswa,sebagai calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing,tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat.
         Jika diperinci maka tujuan pengajaran ilmu budaya dasar itu diantaranya:
  1. Menimbulkan minat untuk mendalaminya. 
  2. Lebih peka dan terbuka terhadap masalah kemanusiaan dan budaya,serta lebih bertanggung jawab terhadap masalah-masalah tersebut .
  3. Mengusahakan kepekaan terhadap nilai-nilai lain untuk lebih mudah menyesuaikan diri . 
  4. Menyadarkan mahasiswa terhadap nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat . 
     
C.Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar 

       Ruang lingkup mata kuliah Ilmu budaya dasar (IBD) dapat dikaji menurut dua masalah pokok yang bisa  dipakai sebgai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah ilmu budaya dasar, kedua masalah pokok itu adalah : 
  1. Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusian dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (The Humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (Disiplin) didalam pengetahuan budaya maupun secara gabungan (Antar Bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya .
  2. Hakekat manusia yang satu atau universal akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing zaman dan tempat .
       Kedua pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah Ilmu Budaya Dasar (IBD),nampak jelas bahwa manusia menepati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai objek pengkajian, tetapi bagaimana hubungan manusia dengan alam sekitar dan sang pencipta menjadi tema sentral dalam ilmu budaya dasar,pokok-poko bahasan yang dikembangkan yaitu,

1.      Manusia dan Harapan  
a.     Kepercayan
b.     Harapan

2.      Manusia dan Kegelisahan
a.     Keterasingan
b.     Kesepian
c.     Ketidakpastian

3.     Manusia dan Tanggung Jawab
a.     Kesadaran
b.     Pengorbanan

4.     Manusia dan Pandangan Hidup
a.     Cita-cita
b.     Kebijakkan
5.     Manusia dan Cinta Kasih
a.     Kasih Sayang
b.     Kemesraan
c.     Pemujaan

6.     Manusia dan Keindahan
a.     Renungan
b.     Kehalusan

7.      Manusia dan Penderitaan
a.     Rasa Sakit
b.     Siksaan
c.     Kesempurnaan

8.      Manusia dan Keadilan
a.     Kejujuran
b.     Pemulihan nama baik
c.     Pembalasan


D. Budaya-Budaya Di Indonesia 


1.      Budaya Jawa : Upacara Kasada Bromo


            Upacara Kasada Bromo dilakukan oleh masyarakat Tengger yang bermukim di Gunung Bromo Jawa Timur,mereka melakukan ritual ini untuk mengangkat seorang Tabib atau dukun disetiap desa. Agar mereka dapat diangkat oleh para tetua adat,mereka harus bisa mengamalkan dan menghafal mantera-mantera.
         Beberapa hari sebelum Upacara Kasada Bromo dimulai,mereka menyiapkan  sesaji-sesaji yang nantinya akan dilemparkan ke kawah Gunung Bromo. Pada malam ke-14 bulan Kasada, masyarakat Tengger berbondong-bondong pergi ke pura dengan membawa ongkek yang berisi sesaji dari berbagai macam hasil pertanian dan ternak. Lalu,mereka menunggu dukun sepuh yang dihormati datang,mereka kembali menghafal dan melafalkan mantera,tepat tengah malam diadakan pelantikan dukun dan pemberkatan umat di lautan pasir Gunung Bromo. 
     Bagi masyarakat Tengger,peranan Dukun adalah sangat penting. Karena mereka bertugas memimpin acara-acara ritual,perkawinan,dll. Sebelum lulus mereka diwajibkan lulus ujian dengan cara menghafal mantera-mantera dan membacanya dengan lancar. Setelah upacara selesai,ongkek-ongkek yang berisi sesaji dibawa dari kaki Gunung Bromo ke atas kawah. Dan mereka melemparkan ke dalam kawah sebagai simbol pengorbanan yang dilakukan oleh nenek moyang mereka. Didalam kawah banyak terdapat pengemis dan penduduk Tengger yang tinggal di pedalaman,mereka jauh-jauh hari datang ke Guung Bromo dan mendirikan tempat tinggal di dekat kawah Gunung Bromo dengan harapan mereka mendapatkan sesaji yang dilempar.Penduduk yang melempar sesaji berbagai macam buah-buahan dan hasil ternak mereka . Mereka menganggapnya sebagai kaul atau terima kasih mereka terhadap tuhan atas hasil ternak dan pertanian yang melimpah.  


2     Budaya Sumatera : Upacara Adat Tabuik 
  Upacara Tabuik merupakan upacara yang diselenggarakan setiap 1--10 Muharam adalah suatu upacara untuk memperingati meninggalnya Husein (Cucu Nabi Muhamad SAW) pada 61 Hijriah yang bertepatan dengan 680 Masehi. Cucu Nabi Besar Muhammad ini dipenggal kepalanya oleh tentara Muawiyah dalam perang Karbala di Padang Karbala, Irak. Kematian tersebut diratapi oleh kaum Syiah di Timur Tengah dengan cara menyakiti tubuh mereka sendiri. 
   Sebelum upacara adat tabuik dilaksanakan, dilakukan pembuatan tabuik di dua tempat, yaitu di pasar (tabuik pasar) dan subarang (tabuik subarang). Kedua tempat tersebut dipisahkan oleh aliran sungai yang membelah Kota Pariaman. Dahulu, selama berlangsungnya pesta tabuik selalu diikuti dengan perkelahian antara warga dari daerah pasar dan subarang. Bahkan, ada beberapa pasangan suami-isteri yang berpisah dan masing-masing kembali ke daerah asalnya di subarang dan pasar. Setelah upacara tabuik berakhir, suami-isteri tersebut kembali berkumpul dalam satu rumah. Walaupun korban terluka parah dalam perkelahian, namun ketika acara berakhir mereka bersatu kembali, sehingga suasana kembali semula (tenang dan damai).
     Tabuik yang dibuat oleh kedua tempat ini terdiri dari dua bagian (atas dan bawah) yang tingginya dapat mencapai 12 meter. Bagian atas yang mewakili keranda berbentuk menara yang dihiasi dengan bunga dan kain beludru berwarna-warni. Sedangkan, bagian bawah berbentuk tubuh kuda, bersayap, berekor dan berkepala manusia. Bagian bawah ini mewakili bentuk burung Buraq yang dipercaya membawa Imam Hosein ke langit menghadap Yang Kuasa. Kedua bagian ini nantinya akan disatukan dengan cara bagian atas diusung secara beramai-ramai untuk disatukan dengan bagian bawah.. Setelah itu, berturut-turut dipasang sayap, ekor, bunga-bunga salapan dan terakhir kepala. Untuk menambah semangat para pengusung tabuik biasanya diiringi dengan musik gendang tasa.

    3     Budaya Sulawesi : Upacara Adat Rambu Solo


     Rambu Solo juga merupakan upacara kematian, yang  diwarisi oleh masyarakat Toraja secara turun temurun. Keluarga dari orang yang meninggal akan menggelar upacara ini sebagai tanda penghormatan terakhir. Kemudian, jenazahnya akan dibawa ke makam yang terletak di tebing goa, yakni pekuburan Londa. Bersamaan dengan itu, juga dibawa sebuah boneka kayu yang telah dibuat sebelumnya, yang wajahnya sangat mirip dengan orang yang telah meninggal itu. 

E.  Kuliah di Jurusan Manajemen
    Jurusan manajemen merupakan jurusan yang banyak diminati , jurusan manajemen termasuk kedalam 10 jurusan yang paling banyak diminati di Indonesia. Alasan saya memilih jurusan manajemen ini , karena saya ingin mempelajari lebih dalam tentang manajemen itu sendiri serta ilmu ekonomi secara mendalam .  Jurusan manajemen ini tidak hanya mencakup tentang kegiatan ekonomi saja tetapi menyangkut tentang hal-hal sosial,lingkungan,dan politik . Maka dari itu saya memilih jurusan manajemen karena saya ingin memngetahui dan memahami tentang mengatur suatu strategi yang mana dapat meningkatkan kualitas suatu perusahaan ,dll yang berhubungan dengan manajemen . 
     Selain Itu, jurusan ini memiiki prospek kerja yang baik karena sekarang banyak para perusahaan mencari manager yang berasal dari fresh graduated tetapi walaupun banyak perusahaan yang menginginkan pekerja yang berasal dari mahasiswa yang baru lulus . Hal itu sebanding dengan pesaing yang akan semakin meningkat dengan kemampuan lebih yang dimiliki oleh setiap mahasiswa . Hal itulah yang membuat saya memilih jurusan management ini .

Sumber :

http://edisugiartonos.blogspot.com/2011/10/tugas-ibd-part-1-pengertian-ibd-dan.html 
  

 
       

 

  
        
        
    





 
 


















  








 
       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar