Sabtu, 06 Desember 2014

Tugas Ilmu Budaya Dasar III

 
Nama    : Timotius Lorenzs
Kelas     : 1EA28
NPM     : 1A214774
Matkul : Ilmu Budaya Dasar
Dosen   : Ibu Nuning

ILMU BUDAYA DASAR

1. Perbedaan Antar Budaya Nasional dan Budaya Internasional
 
    A.Budaya Nasional
           Budaya Nasional adalah budaya yang dihasilkan oleh masyarakat bangsa tersebut sejak zaman dahulu hingga kini sebagai suatu karya yang dibanggakan yang memiliki kekhasan bangsa tersebut dan memberi identitas warga, serta menciptakan suatu jati diri bangsa yang kuat. Sifat khas yang dimaksudkan di dalam budaya nasional hanya dapat dimanifestasikan pada unsur budaya bahasa, kesenian, pakaian, dan upacara ritual. Unsur kebudayaan lain bersifat universal sehingga tidak dapat memunculkan sifat khas, seperti teknologi, ekonomi, sistem kemasyarakatan, dan agama.
           Dengan demikian budaya nasional memiliki karakteristik berupa :
  •  Hasil budi daya masyarakat bangsa
  •  Hasil budi daya masyarakat sejak zaman dahulu hingga kini
  •  Hasil budi daya yang dibanggakan
  •  Hasil budi daya yang memiliki kekhasan bangsa
  •  Hasil budaya yang menciptakan jati diri bangsa
  •  Hasil budaya yang memberikan identitas bangsa

    B.  Budaya Internasional
             Budaya Internasional adalah Budaya yang telah diakui oleh dunia menjadi suatu kebudayaan yang perkembangannya mengikuti zaman.Dimana budaya ini dapat dirasakan oleh semua masyarakat di dunia dan bisa menjadi suatu kebiasaan.
 
2. Cara Untuk Melestarikan Kebudayaan Indonesia 
      Indonesia adalah negara yang mempunyai beribu kebudayaan, karena Indonesia bukanlah negara yang memiliki hanya satu daerah sehingga kebudayaan bangsa Indonesia adalah kebudayaan lokal. Setiap daerah akan mempunyai kebudayaan yang berbeda, perbedaan itulah yang menjadi jati diri bangsa sehingga ketika kebudayaan itu berubah atau hilang maka jati diri yang dimilikinya akan memudar .
    Banyak hal dapat dilakukan sebagai apresiasi dari rasa cinta pada budaya, khususnya kebudayaan daerah. Berbagai aktifitas dalam upaya pelestarian kebudayaan daerah mulai muncul dari berbagai kalangan. Cara untuk melestarikan budaya  bermacam - macam baik secara langsung maupun secara tidak langsung.Kebudayaan dapat dilestarikan dalam dua bentuk yaitu :
  • Culture Experience yaitu merupakan pelestarian budaya yang dilakukan dengan cara terjun langsung kedalam sebuah pengalaman kultural. contohnya, jika kebudayaan tersebut berbentuk tarian, maka masyarakat dianjurkan untuk belajar dan berlatih dalam menguasai tarian tersebut. Dengan demikian dalam setiap tahunnya selalu dapat dijaga kelestarian budaya kita ini.
  • Culture Knowledge yaitu merupakan pelestarian budaya yang dilakukan dengan cara membuat suatu pusat informasi mengenai kebudayaan yang dapat difungsionalisasi kedalam banyak bentuk. Tujuannya adalah untuk edukasi ataupun untuk kepentingan pengembangan kebudayaan itu sendiri dan potensi kepariwisataan daerah. Dengan demikian para Generasi Muda dapat mengetahui tentang kebudayaanya sendiri.
      Selain dilestarikan dalam dua bentuk diatas, kita juga dapat melestarikan kebudayaan dengan cara mengenal budaya itu sendiri. Dengan hal ini setidaknya kita dapat mengantisipasi pencurian kebudayaan yang dilakukan oleh negara - negara lain.Penyakit masyarakat kita ini adalah mereka terkadang tidak bangga terhadap produk atau kebudayaannya sendiri. Kita lebih bangga terhadap budaya-budaya impor yang sebenarnya tidak sesuai dengan budaya kita sebagai orang timur.
 
3. Mengapa Pulau Bali Sering Dikunjungi Oleh Wisatawan Asing ?
      Pulau Bali atau pulau Dewata memang sangat terkenal di Dunia. Pulau Bali memang mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Bahkan orang luar negeri lebih mengenal Bali daripada Negara Indonesia itu sendiri. Tidak hanya masyarakat biasa yang mengagumi pulau para dewa ini, bahkan sampai selebritis luar negeri pun banyak yang pernah berkunjung ke Bali, seperti Paris Hilton, David Beckam dan keluarganya, dan banyak lagi lainnya. Bahkan pulau Bali pernah menjadi lokasi syuting film Hollywood "Eat, Pray, Love" yang dibintangi aktris terkenal yaitu Julia Robert. Apa saja sih daya tarik Pulau Bali sampai dikagumi oleh banyak orang, berikut daya tariknya :
 
  • Pantai
 
 
      Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Bali, nomor satu yang dikunjungi adalah pantainya. Bali memiliki banyak pantai dan semuanya sangat indah. Pantai di Bali selain digunakan berjemur oleh para turis-turis asing, banyak juga yang menggunakan ombak di pantai untuk surfing atau selancar air karena pantai di Bali terkenal dengan ombaknya yang lumayan besar. Beberapa pantai di Bali antara lain, pantai Kuta, pantai Dreamland, pantai Jimbaran, pantai Nusa Dua, pantai Sanur, pantai Lovina, pantai Uluwatu dan banyak lagi lainnya.
 
  • Budaya
      Bali merupakan tempat di Indonesia yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Meskipun demikian budaya dan adat istiadat di Bali tidak luntur sedikitpun oleh arus para wisatawan yang modern ini. Di setiap sudut kota di pulau Bali, pasti sobat banyak menemui nuansa budaya yang begitu kental, seperti sesajen yang ada di setiap rumah, tarian tradisional seperti tari Kecak yang rutin dipertontonkan pada para wisatawan, dan banyak lagi lainnya yang tidak akan sobat saksikan di tempat lain.
 
  • Bangunan
      Di Bali, hampir seluruh rumah dan bangunan memiliki ciri khas pulau itu. Bila sobat mengunjungi pulau Bali, bisa dilihat di depan setiap rumah pasti memiliki gapura dengan ukiran khas Bali. Dan pulau ini memiliki banyak pura yang sampai sekarang sering dan rutin digunakan untuk upacara keagamaan umat Hindu. Yang unik disini, sobat tidak akan melihat bangunan pencakar langit dengan jumlah lantai mencapai puluhan karena di Bali ada peraturan mengenai mendirikan bangunan yaitu, bangunan tidak boleh lebih tinggi dari tinggi pohon kelapa atau tinggi Pura Agung Besakih.
 
 
 
 
 
  • Upacara Keagamaan

Upacara Ngaben

      Masyarakat Bali masih memegang teguh upacara keagamaannya sampai sekarang. Dan ini yang menjadikan daya tarik lain pulau Dewata. Upacara keagamaan seperti Kuningan dan Galungan merupakan contoh dari budaya yang masih lesatari sampai saat ini dan banyak wisatawan yang tertarik dengan ini. Ada juga Hari Raya Nyepi, yaitu pada hari raya ini seluruh aktivitas perekonomian di Bali berhenti total, seperti toko, mall, pelabuhan, penerbangan, uniknya semua yang berada di pulau itu mematuhinya bahkan pra turis asing.
 
  • Keramahtamahan Warga
         Penduduk Bali terkenal sebagai warga yang ramah. Itupun yang saya alami bila berkunjung ke Bal. Kalau kita menemui kesulitan pasti dengan senang hati warga Bali akan membantunya. Jadi sobat tidak perlu kuatir bila berkunjung ke Bali.
 
4. Budaya-Budaya Di Pulau Bali
  • Tari Rejang
    
        
    Tari Rejang adalah sebuah tarian kesenian rakyat/suku Bali yang ditampilkan secara khusus oleh perempuan dan untuk perempuan. Gerak-gerik tari ini sangat sederhana namun progresif dan lincah. Biasanya pagelaran tari Rejang diselenggarakan di pura pada waktu berlangsungnya suatu upacara adat atau upacara keagamaan Hindu Dharma. Tarian ini dilakukan/ditarikan oleh penari-penari perempuan Bali dengan penuh rasa hidmat, penuh rasa pengabdian kepada Dewa-Dewi Hindu dan penuh penjiwaan. Para penarinya mengenakan pakaian upacara yang meriah dengan banyak dekorasi-dekorasi, menari dengan berbaris melingkari halaman pura atau pelinggih yang kadang kala dilakukan dengan berpegang-pegangan tangan.
 
  • Tari Kecak
        Kecak adalah pertunjukan tarian seni khas Bali yang lebih utama menceritakan mengenai Ramayana dan dimainkan terutama oleh laki-laki. Tarian ini dipertunjukkan oleh banyak (puluhan atau lebih) penari laki-laki yang duduk berbaris melingkar dan dengan irama tertentu menyerukan "cak" dan mengangkat kedua lengan, menggambarkan kisah Ramayana saat barisan kera membantu Rama melawan Rahwana. Namun, Kecak berasal dari ritual sanghyang, yaitu tradisi tarian yang penarinya akan berada pada kondisi tidak sadar, melakukan komunikasi dengan Tuhan atau roh para leluhur dan kemudian menyampaikan harapan-harapannya kepada masyarakat.
  • Upacara Adat Ngaben
Upacara Ngaben
       Ngaben merupakan salah satu upacara yang dilakukan oleh Umat Hindu di Bali yang tergolong upacara Pitra Yadnya (upacara yang ditunjukkan kepada Leluhur). Ngaben secara etimologis berasal dari kata api yang mendapat awalan nga, dan akhiran an, sehingga menjadi ngapian, yang disandikan menjadi ngapen yang lama kelamaan terjadi pergeseran kata menjadi ngaben. Upacara Ngaben selalu melibatkan api, api yang digunakan ada 2, yaitu berupa api konkret (api sebenarnya) dan api abstrak (api yang berasal dari Puja Mantra Pendeta yang memimpin upacara). Versi lain mengatakan bahwa ngaben berasal dari kata beya yang artinya bekal, sehingga ngaben juga berarti upacara memberi bekal kepada Leluhur untuk perjalannya ke Sunia Loka.
 
SUMBER

 
 
 
 
 
 
 
 

 
 
 

 
 
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar